Friday, October 1, 2010

Peta Kerjaan di Daerah Tangerang Kota


Peta Megapolitan

Ceritanya selama hampir 2 bulan ini saya sedang mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan Pemerintah Kota Tangerang. Bidangnya sih dalam Pembuatan Website Pemerintahan Kota Tangerang. Jadi saya tiap hari kecuali minggu harus datang ke tiap sekolah-sekolah yang ada di wilayah Pemerintahan Kota Tangerang. Mulai dari Sekolah Dasar Negeri (SDN), SD Swasta, Madrasah Ibtidaiyah (MI), kemudian level Sekolah Menengah Pertama Negeri(SMPN), SMP Swasta, Madrasah Tsanawiyah (MTs), lalu level Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), SMA Swasta, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN), SMK Swasta, Madrasah Aliyah Negeri (MAN), dan MA Swasta.


Contoh peta sekolah yang di survey di Kecamatan Tangerang


Berdasarkan Peta Megapolitan, sebenarnya kita bisa mencari nama jalan, nama sekolah, nama rumah sakit, nama instansi, dan lain-lain. Pokoknya lengkap. Berdasarkan peta tersebut di daerah Tangerang Kota yang terdiri dari 13 Kecamatan diantaranya : Kecamatan Tangerang, Karawaci, Cibodas, Batuceper, Karang Tengah, Jatiuwung, Neglasari, Ciledug, Cipondoh, Pinang, Larangan, Priuk, dan Kecamatan Benda. Ada sekolah setarap SD sekitar 600an lebih, Setarap SMP ada sekitar 250an lebih, dan setarap SMA sekitar 200an lebih. Jadi jumlahnya sekitar 100an lebih. Angka ini belum pasti karena masih banyak yang belum di survey walaupun angkanya di Peta Megapolitan sudah ada.


Contoh peta sekolah yang di survey di Kecamatan Batuceper


Jadi mendatangi tiap sekolah untuk meminta data sekolah. Semisal nama sekolah, alamat, nomor telepon, berapa banyak murid laki-laki, murid perempuan, sampai berapa ruang kelas dan lain-lain. Nah tujuan minta data sekolah ini untuk dimasukkan ke website yang ada di Pemerintahan Kota Tangerang. Secara tidak langsung sebagai ajang promosi untuk pihak sekolah. Jadi misalnya ada orang buka-buka website Pemerintahan Kota Tangerang, terus mau cari sekolahan yang dekat dengan wilayah rumah dia, atau mungkin mau memilih sekolah yang elit atau lengkap. Tinggal klik aja. Nama websitenya nanti nyusul setelah kerjaan selesai. Oke para Sobat ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja.

0 comments: